2012 Mathematics ICAS

Malam ini sempat bingung mau update apa di blog. Terlintas di benak, apa mau posting tentang murid kesurupan😐 atau mau tentang Azerbaijan 2012 Women’s Cup U-17 yang lagi aku tonton ini. Namun berhubung tadi aku habis dari tes ICAS Matematika yang super duper sangat lumayan untuk dikerjakan, jadi aku akan posting pengalamanku dan sedikit info mengenai ICAS saja😀

Intinya, ICAS (The International Competitions and Assessments for Schools) adalah tes yang diselenggarakan oleh UNSW (University of New South Wales) dari Australia dan diadakan setiap setahun sekali (umumnya setiap September, dari pengalamanku😎 ). Ada 4 mapel (mata pelajaran) yang diteskan – kita bebas untuk mengambil mapel apa saja – yaitu Computer Skills (Teknologi Informasi & Komunikasi), English (Bahasa Inggris yang katanya paragraf semua hehe😳 ), Mathematics (Matematika😕 ), dan Science (Ilmu Pengetahuan Alam, disini sepertinya Fisika, Kimia, Biologi dan sejenisnya  digabung😯 )

Kalau di SMA Negeri 5 Bekasi, ada 3 kode soal. Kode untuk kelas 10, kode H untuk kelas 11, dan kode I untuk kelas 12. Masing masing mapel yang diteskan ada 40 soal, 35 pilihan ganda dan 5 esai / uraian (kalau di Matematika, pilihan gandanya “lumayan”, esainya susah😥 ) Ada juga nih, kalau kita mendapat peringkat 1-3 dari tingkatan kelas dan jenis mapel yang kita ambil (tampaknya dibandingkan dengan seluruh sekolah Indonesia ini😦 ) nanti kita akan mendapatkan medali perunggu, perak, dan emas. Wow😕

Jadi, aku tahu yang namanya ICAS from UNSW saat ada guru MTK dari wakasek (alias wakil kepala sekolah) mengumumkan tentang ICAS ini. Dari aku pribadi, ini kedua kalinya aku mengikuti ICAS Matematika (entah karena saya suka Matematika, jadinya itu-itu saja yang diambil hehehe😈 ) dan ini kedua kalinya pula aku menghadapi tingkat kesulitan yang serupa. Apalagi kemarin sedang recovering dari sakit kepala, jadinya tidak sempat buka-buka ini itu. Jadinya untuk tahun ini, rasanya…… *ssst, sudah, Ca. Positive thinking saja lagi* Kita ikuti kata hati sajalah hahaha😆

Tetapi alasan utama aku ikut ICAS adalah : supaya bisa dimudahkan dalam PMDK (Penelusuran Minat dan Bakat) saat pendaftaran kuliah nanti (amin Ya Allah🙂 )

P.S. : Sebenarnya ada 2 tambahan mapel lagi yang diteskan, yaitu semacam Spelling dan Writing. Setahuku, kalau Spelling kita dituntut untuk mengeja satu atau lebih kata dalam Bahasa Inggris. Sedangkan pada Writting lebih mengarah kepada pembuatan paragraf, seperti paragraf narasi atau persuasi😛

 

Logo ICAS

2 thoughts on “2012 Mathematics ICAS

  1. mau tau,, kalau lombanya itu langsung senasional gitu??
    materinya ICAS (SMP) itu kaya pelajaran di sekolah atau global??? atau logika?? mkash sblumnya🙂

    • Aduh, maaf ya baru balas. Udah lama gak buka blog >.<
      Iya, jadi itu memang langsung dilombakan senasional. Nanti beberapa bulan kemudian dapat hasilnya dalam bentuk grafik gitu🙂
      Nah, aku gak ikutan ICAS yang tingkat SMP soalnya memang gak diadain di sekolah itu, jadi ikutnya pas SMA aja. Sebagian besar soal itu pilihan ganda (PG) yang umumnya soal-soal itu sudah diajarkan di sekolah, dan seingatku 5 soal terakhir itu soal cerita yang memang lebih nalar ke logika. Asal share, aku paling gak bisa yang 5 soal itu xux

      Makasih banyak pertanyaannya, maaf sekali baru dibalas sekarang u_ua Kamu ikut ICAS?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s